Fungsi mail marge pada microsoft word sangat membantu pengguna komputer untuk membuat surat edaran dengan
jumlah yang banyak tanpa harus mengetik satu per satu surat. Akan tetapi
dengan fungsi ini kita hanya perlu membuat satu template untuk semua
surat dan membuat data base yang akan di hubungkan dengan template
surat.
Untuk membuat surat masal pada ms word, dapat mengikuti langkah-langkah berikut ini:
2. Klik menu mailings pada menu bar, selanjutnya pilih select recipient pada group start mail merge.
3. Pada popup menu, pilih Type New List.
4. Selanjutnya akan muncul jendela new address list, klik customize columns untuk menyesuaikan dengan kolom yang anda buat.
5. Hapus data yang ada pada field name, dan sisakan data sesuai dengan kebutuhan anda, kemudian ganti nama field sesuai dengan data pada surat anda. Jika anda menghapus field name, usahakan dari bawah ke atas untuk memudahkan menghapus data field.
6. Selanjutnya klik OK dan pilih OK lagi pada jendela new address list. kemudian anda akan dibawa pada folder dimana database anda akan disimpan. Kemudian beri nama data base anda dan simpan.
7. langkah selanjutnya, buka folder dimana database anda tersimpan. Database yang tersimpan biasanya mempunyai format access.
8. Isi database anda sesuai yang anda inginkan dan simpan.
9. Selanjutnya buka lembar kerja ms word anda, dan klik preview result untuk melihat hasilnya
10. Selamat mencoba dan semoga berhasil.
11. Klik anak panah kekanan atau kekiri pada preview result untuk melihat surat masal dengan nama yang lain.
Baca Juga : Keuntungan Menggunakan Jaringan WAN (Wide Area Network)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar